Strategi Pemasaran Minyak Goreng Kelapa pada “UPH Minyak Kelapa Perdana”di Desa Sumber Ayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, DIY
Kata Kunci:
SWOT, Minyak Goreng Kelapa, Strategi PemasaranAbstrak
Telah dilakukan penelitian mengenai Strategi Pemasaran Minyak Goreng Kelapa di UPH Minyak Kelapa Perdana di Desa Sumber Ayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, DIY. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengatasi kendala dalam penerapan strategi pemasaran, serta meningkatkan penjualan minyak goreng kelapa di pasar melalui strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan analisis strategi 5P (Product, Price, Promotion, Place, People) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), serta metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mencocokkan teori dengan kondisi aktual di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner dengan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis UPH minyak kelapa perdana masih belum efektif dalam menjalankan strategi pemasarannya, oleh karena itu peneliti menyarankan agar melakukan strategi pemasaran yang sesuai dengan formulasi SWOT yaitu: menggunakan medsos untuk promosi, membuat variasi ukuran dan harga pada produk, dan menambah karyawan/tenaga kerja serta tidak ketergantungan dengan pre-order. Maka dari itu UPH Minyak Kelapa Perdana dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan, serta memperbaiki kelemahan yang dimiliki.
Referensi
Adi Wibbowo, L. (2022). Analisis IFAS dan EFAS Menggunakan Metode SWOT Pada Perguruan Tinggi Swasta. In Jurnal Wahana Informatika (JWI) (Vol. 1, Issue 2).
Haerawan, & Magang, Y. H. (2019). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Alat Rumah Tangga di PT Impressindo Karya Steel Jakarta-Pusat. Ilmiah Manajemen Bisnis, 5(2), 175–189.
Hansang, D. I. C., Tooy, D., Ludong, D. P. M., Dari, B., Kajian, ", Produksi, P., Kelapa, M., Menggunakan, D., Dan, A., Pengolahan, M., Skala, K., Kecil, I., Program, M., Pertanian, S. T., Pertanian, J. T., Pertanian, F., Sam, U., Manado, R., Program, D., Korespondensi, M. (n.d.). KAJIAN PROSES PRODUKSI MINYAK KELAPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT DAN MESIN PENGOLAHAN KELAPA SKALA INDUSTRI KECIL STUDY OF COCONUT OIL PRODUCTION PROCESSES USING PROCESSING TOOLS AND MACHINES SMALL INDUSTRY SCALE COCONUT.
Hidayati, A. L., Suprihanti, A., & Santosa, A. (2023). Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Pt. Lingkar Organik Yogyakarta Saat Pandemi Covid 19 Marketing Strategy of Coconut Oil Pt. Lingkar Organik Yogyakarta During Covid 19 Pandemic. Jurnal Pertanian Agros, 25(3), 2858–2867.
Kusumawaty, Y., Fakultas, J. A., Universitas, P., Kampus, R., Simpang, B., Kecamatan, B., & Pekanbaru, T. (2018). STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN KHAS RIAU (KERIPIK NENAS DAN RENGGINANG UBI KAYU). Jurnal Agribisnis, 20(2).
Labaso, S. (2019). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05
Lilis R. Dihuma, Muhammad Din, & Faruq Lamusa. (2023). Bauran Pemasaran (4P) Pada Produk Minyak Kelapa Kampung “Lanarasa” Di Desa Tambu Kecamatan Balaesang. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 264–272. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.532
Romi Saputra, Aswan, M., & Muhammad Noor Armi. (2023). Analisis Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 428–433. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.698
Semnasti, R. N., Dewi, S., & Apriyanti, Y. (2023). Strategi Pemasaran Pengembangan Usaha Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM di Industri TI. WALUYO JATMIKO PROCEEDING, 501–510. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.74
Yolanda, F., & Dwiridhotjahjono, J. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Antena HDF Surabaya. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 231–239. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1841
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AGROFORETECH

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.