Pengaruh Lama Waktu Penaikan Setiap Puncak Kehilangan Minyak (Oil Losses) pada Air Rebusan di PKS Adolina Sumatera Utara

Penulis

  • Ilhamsyah Nugraha Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Gani Supriyanto Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Priyambada Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

oil losses, sterilizer, kondensat, triple peak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa TBS masuk yang akan diolah, menganalisa kadar kehilangan minyak yangterdapat pada air kondensat, mengukur parameter waktu dan tekanan terhadap oil losses pada setiap perebusan dan menganalisa waktu perebusan yang optimum dengan parameter oil losses, moisture dan Non Oil Solid (NOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses perebusan kehilangan minyak pada peak 1 dengan waktu 15 menitdengan tekanan 1,5kg/cm2 terdapat kehilangan minyak sebesar 2,12 %. Pada peak 2 dengan waktu 20 menit tekanan 2,5kg/cm2 kehilangan minyak yang dihasilkan 3,16 %, pada peak 3 dengan waktu 65 menit tekanan 3,0kg/cm2 minyak yang dihasilkan 4,23 %. Pada penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa semakin lama proses perebusan, maka minyak yang keluar dari kulit brondolan (mesocarp) semakin banyak dan bercampur dengan air rebusan yang akhirnya keluar bersama- sama dengan air kondensat. Perebusan yang terlalu lama juga dapat menyebabkan minyak terkandung dalam air rebusan dan dapat terjadi emulsi minyak dengan air yang juga dapat menyebabkan buah menjadi gosong sehingga menurunkan kualitas minyak sawit. Perebusan yang optimal yaitu waktu perebusan yang digunakan 90 – 100 menit dengan tekanan 3,0 kg/cm2 dan telah mencapai hasil oil losses yang optimal sehingga sesuai dengan standar perusahaan.

Referensi

Amalia, Wahyuni. (2022). “Analisis Kerusakan Mesin Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit Menggunakan Failure Modes and Effect Analysis(FMEA)”. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri. Vol 8.

Arif N, Edwin P, Azra M, 2021. “Analisa Kehilangan Minyak Oil Losses Pada Proses Produksi”. Hal 59 - 63.

Baldani. A.M., dan Ta’ali. 2020. Perancangan Sistem Kontrol Sterilizer VerticalKelapa Sawit Berbasis Arduino UNO. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV),

Vol. 06, No. 02. Hal: 87-98.

Batara, M. 2011. Pengaruh Tekanan Uap Pada Saat Perebusan. Universitas Sumatra Utara Medan.

Doli, Boy. (2022). “Analisa Perubahan Tekanan Dan Lama Waktu Perebusan Pada Fraksi Kematangan Buah Terhadap Kondensat (Oil Losses) Pada Sterilizer”. Yogyakarta.

Enjelina, Letare. 2019. “Pengaruh Tekanan Dan Waktu Terhadap Kehilangan Minyak (Losses) Pada Air Kondensat Di Stasiun Perebusan Dengan System 2 Puncak Di Koperasi Prima Jasa”. Vol 1. No 1.

Fauzi, Y. 2006. Kelapa Sawit Budidaya, Pemanfaatan Hasil dan Limbah, Analisis Usaha dan Pemasaran. Penebar Swadaya. Jakarta. 236 hlm.

Fauzi, Y. dkk. 2007. Kelapa Sawit, Budidaya, Pemamfaatan Hasil, Limbah Dan Analisa Usaha Dan Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan 21. Swadaya Jakarta.

Hikmawan, O., dan R. A. (2019). Pengaruh Variasi Waktu dan Tekanan terhadap Kehilangan Minyak pada Air Kondensat di Unit Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit. Jurnal Teknik Dan Teknologi., 14 No 28, 33–39.

Latif, Abdul. (2022). “Analisa Performa Kerja Sterilizer Of Crude Palm Oil”. Universitas Bengkulu, Jl. W.R. Supratman Kandang Limun, Bengkulu.

Mahyunis, A.P.G.L. Gaol, dan Hermanto. 2015. Pengaruh Lama Waktu Perebusan terhadap Sifat Kuat Tekan dan Regangan Biji Kelapa Sawit Varietas Tenera di PTPN II PKS Pagar Marbau. Jurnal Agro Estate, Vol. VI No.

Hal: 128-144.

Nurrahman, Arif. 2021. “Analisa Kehilangan Minyak (Oil Losses) Pada Proses Produksi Di PT X”. jurnal daur lingkungan. Vol 59-63.

Rahardja, I.B., dan M. S. (2012). Efektivitas Proses Pembuangan Udara Melalui Pipa Condensate pada Stasiun Rebusan (Sterilizer) di Pabrik Kelapa Sawit. Jurnal Citra Widya Edukasi (JCWE).4 No2,15–24.

Pratiwi, Friska, Meutia Mirnandaulia, & P. E. H. (2023). PENGARUH WAKTU PEREBUSAN TERHADAP OIL LOSSES IN EMPTY BUNCH PADA PKS . SIBISA MANGATUR PT . TORGANDA. Jurnal Agrotech, 2(1), 26–31.

Saparudin and A. Fadlly. 2019. “Analisis Energi Strerilizer Dalam Proses Perebusan Kelapa Sawit Di PT Perkebunan Nusantara 1 PKS Tanjung Seumantoh,” Hadron J. Fis. dan Terap., vol. 1, no. 01, pp. 22–24.

Sari, D. K. (2019). PENGURANGAN WAKTU PEREBUSAN UNTUK MENURUNKAN KADAR OIL LOSSES PADA CPO (CRUDE PALM OIL) DENGAN METODE PDCA. UIN SUSKA RIAU

Sastrosayono, S. 2003. “Budidaya Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka”, Jakarta Selatan.

Sitepu, T. (2011). Analisa Kebutuhan Uap Pada Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit Dengan Lama Perebusan 90 Menit. Dinamis USU.

Situmeang, R. (2018). Pengaruh Waktu Perebusan Terhadap Kadar Minyak Sawit Dalam Air Rebusan Pada Kondensat Di Pt. Perkebunan Nusantara Iv (Persero) Unit Kebun Pabatu Tebing Tinggi. Universitas Sumatra Utara Medan.

Sulaiman and R. Randa. 2018. “Pengaruh Temperatur Terhadap Efisiensi Sterilizer Dan Kualitas Minyak Yang Dihasilkan,” Menara Ilmu, vol. XII, no. 10, pp. 1–8.

Supriyanto, G. (2007). “ANALISA MINYAK HILANG SELAMA PROSES PENGOLAHAN CPO AKIBAT LAMA PEREBUSAN TANDAN BUAH SEGAR”. Agroteknose, Vol. III, No. 2. Yogyakarta.

Ulfa, K. S. (2008). “Pengaruh Waktu Rebusan Terhadap Kualitas CPO”. Universitas Sumatra Utara Medan.

Ulimaz, Almira. (2021). “Analisis Oil Losses pada Proses Pengolahan Minyak Inti Kelapa Sawit di PT. XYZ dengan Metode Seven Tools”. Jurnal TEKNOLOGI AGRO INDUSTRI Vol. 8.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-27

Cara Mengutip

Nugraha, I., Supriyanto, G., & Priyambada. (2023). Pengaruh Lama Waktu Penaikan Setiap Puncak Kehilangan Minyak (Oil Losses) pada Air Rebusan di PKS Adolina Sumatera Utara. AGROFORETECH, 1(3), 2040–2050. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/797

Terbitan

Bagian

Teknik Pertanian

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>