Identifikasi Bahaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terhadap Kegiatan Maintenance Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) di Stasiun Loading Ramp

Penulis

  • Doddy Ramadhan Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Priyambada Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • L Pandu Pamardi Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

K3, JSA

Abstrak

Kajian ini maksudnya untuk melakukan identifikasi peluang ancaman dan dampak kegiatan utama departemen maintenance pada stasiun loading ramp yang berdampak pada atktivitas produksi menggunakan metode (JSA). Objek yang diteliti khususnya departemen maintenance pada stasiun loading lamp. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23-29 Mei 2023. Penelitian ini dilakukan di pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Gajah Sakti sawit yang beralamat didesa tunggang, kecamatan Pondok Suguh, kabupaten MukoMuko, Provinsi Bengkulu. Data pokok didapat dari peninjauan pada siklus kerja dan pendokumentasian. Instrumen yang dipakai ialah cara JSA (Job Safety Analysis) yang diterapkan pada pekerja maintenance. Hasil penelitian menunjukkan identifikasi potensi bahaya dan resiko kegiatan utama departemen maintenance pada stasiun loading ramp yang berdampak pada aktivitas produksi menggunakan metode (JSA) pada pekerjaan mekanik preventive screper conveyor FFB 1 dan 2 seperti tangan mekanik dapat terjepit pada chain, mekanik dapat terpeleset, dan terjatuh menghantam besi. Pada pekerjaan mekanik corrective/perbaikan chain anjlok pada screper conveyor FFB no 2 berupa mekanik dapat mengalami tangan terjepit chain, tertimpa chain, dan terjatuh dari ketinggian. Pada pekerjaan mekanik corrective/perbaikan roda loriantara lain mekanik dapat mengalami tertabrak lori, terejepit lori dan tertimpa lori.

 

Referensi

Ditjetbun. (2021). Luas lahan perkebunan kelapa sawit produkif pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapubl ish/2022/04/26.

Ulimaz, A. (2022). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Stasiun Loading Ramp dengan Metode HIRARC di PT. XYZ.

Putra, H. R. (2020). Analisis Maintenance Mesin Dalam Menunjang Kelancaran Produksi Pada PT. Sumber Sawit Sejahtera. Skripsi, FE Universitas Islam Riau, 1–80.

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Penerbit UI. Jakarta.

Irzal. (2016). Dasar-dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Kencana.

Wahyudi, A. (2018). Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3): Investigasi Kecelakaan Kerja. MODUL E Learning Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI), LP2K TTI.

(1998). Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor: 03/MEN/98 Tentang Tatacara Pelaporan dan Pemeriksaan Kecelakaan.

Simarmata, J., Makbul, R., Mansida, A., Amsah, L. O. M. Y., Rachim, F., Dharmawan, V., Bachtiar, E., Sumantrie, P., Simbolon, S., Erdawaty, Muadzah, & Herno Della, R. (2022). Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Abidin, A. U., & Ramadhan, I. (2019). Penerapan Job Safety Analysis, Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja di Laboratorium Perguruan Tinggi.

Primadianto, D., Putri, S. K., & Alifen, R. S. (2018). Pengaruh Tindakan Tidak Aman (Unsafe Act) Dan Kondisi Tidak Aman (Unsafe Condition) Terhadap Kecelakaan Kerja Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 77- 84.

Rijanto, E. (2010). Start-up Control Using DC Power Supply for Isolated Mode Operation of 100 kW Wind Power Plant. Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, 9(1), 1-13.

Siregar Ninny Hj., & Munthe Sirmas. (2019). Analisa Perawatan Mesin Digester dengan Metode Reliabity Centered Maintenance pada PTPN II Pagar Merbau.

Pelaksanaan, W., Resource, H., Affair, G., & Engineer, H. D. (2022). Laporan Kerja Praktek Pt . Wilmar Nabati Indonesia Unit Pelintung Dumai PT. Wilmar Nabati Indonesia Oleh : Rizky Fernando Marbun Program Studi DIII – Teknik Mesin Politeknik Negeri Bengkalis Bengkalis - Riau. September.

Ramli, S. (2010). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Dian. Rakyat.

Render, Barry dan Heizer, Jay. (2001). Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi : Operation Management. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Tarwaka. (2017). Keselamatan dan Kesehatan Kerja “Manajemen dan Implementasi. K3 di Tempat Kerja” (2nd ed.). Surakarta: Harapan Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-27

Cara Mengutip

Ramadhan, D., Priyambada, & Pamardi, L. P. (2023). Identifikasi Bahaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terhadap Kegiatan Maintenance Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) di Stasiun Loading Ramp. AGROFORETECH, 1(3), 2061–2072. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/822

Terbitan

Bagian

Teknik Pertanian

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>