Studi Produktivitas Kegiatan Ekstraksi Menggunakan Forwarder Berdasarkan Topografi di PT.RAPP

Penulis

  • Ridho Prambudi Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Didik Surya Hadi Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • M.Darul Falah Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

produktivitas, ekstraksi, pemanenan, topografi

Abstrak

Ekstraksi adalah proses pemindahan kayu gelondongan yang telah ditebang ke Tpn. Salah satu dari faktor yang mempengaruhi produktivitas pengambilan kayu dengan skidder adalah jarak dan klasifikasi topografi. Ada empat klasifikasi topografi yaitu datar (0-8%), sedang (8-15%) dan curam (15-25%). Di tanah PT. Riau Andalan Pulp And Paper tidak hanya memiliki kelas topografi datar, tetapi juga ada kelas topografi sedang dan curam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jarak dan topografi lahan terhadap produktivitas dan untuk mengetahui efektivitas topografi tanah terbaik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Menurut hasil penelitian diperoleh data bahwa interaksi antara jarak dan topografi berpengaruh signifikan terhadap ekstraksi produktifitas. Interaksi yang paling optimal adalah pada jarak 0-50 m dengan topografi datar dengan produktivitas rata-rata 68,45 3/jam. Dari hasil pengamatan pengaruh jarak dan topografi terhadap produktivitas sangat mempunyai pengaruh sangat nyata.

Referensi

Patricia, Vien. 2006. Kurva Bonita Tegakan Hutan Tanaman Akasia (Acacia crassicarpa A. Cunn. Ex Benth). Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Putra, Handika. 2020. Studi Produktivitas Proses Ekstraksi Kayu Eucalyptus sp Menggunakan Skidder dan Excavator Ponton Darat Estate Teso PT. Riau Andalan Pulp and Paper. Skripsi Fakultas Kehutanan Instiper. Yogyakarta. (Tidak Dipublikasikan).

Roni, Tulus Setiady. 2018. Analisa Topografi Sistem Drainase Saluran Tertutup Pada Fakultas Teknik Gowa.

Sinungan, Muchdarsyah. 2005. Produktivitas: Apa dan Bagaimana. Bumi Aksara. Jakarta.

Suparto. 1999. Pemanenan Kayu. Institut Pertanian Bogor Press. Bogor.

Widyati, Enny. 2011. Optimasi Pertumbuhan Acacia crassicarpa Cunn. Ex Benth. Pada Tanah Bekas Tambang Batubara Dengan Ameliorasi Tanah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-26

Cara Mengutip

Prambudi, R., Hadi, D. S., & Falah, M. (2023). Studi Produktivitas Kegiatan Ekstraksi Menggunakan Forwarder Berdasarkan Topografi di PT.RAPP. AGROFORETECH, 1(2), 1235–1242. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/689

Terbitan

Bagian

Kehutanan

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>