Laju Transpirasi Semai Sengon (Falcataria moluccana)

Penulis

  • Rajul Maulana Program Studi Kehutanan, Fakultas Kehutanan, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Surodjo Taat Andayani Program Studi Kehutanan, Fakultas Kehutanan, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Didik Surya Hadi Program Studi Kehutanan, Fakultas Kehutanan, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Sengon (Falcataria moluccana), semai, laju transpirasi

Abstrak

Sengon, yang dikenal dengan nama ilmiah Falcataria moluccana, memiliki potensi yang signifikan untuk dijadikan sebagai salah satu spesies kayu yang tumbuh dengan cepat (fast growing species). Dalam aktivitas sehari-harinya, tanaman ini berperan aktif dalam mengeluarkan uap air ke lingkungan melalui proses yang dikenal sebagai transpirasi. Salah satu tanaman yang mengalami proses tersebut yaitu semai sengon. Pengukuran transpirasi yang kompleks dan memerlukan biaya tinggi menjadi kurang efisien jika diterapkan pada sejumlah besar sampel. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi metode yang lebih sederhana yang dapat memperkirakan kemampuan transpirasi pada tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ukuran semai dengan laju traspirasi. Metode yang di gunakan pada penelitian ini metode penimbangan mengukur proses laju transpirasi, hilangnya air pada tumbuhan. Adapun penelitian ini dilakukan di kawasan kampus satu Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang bertempat di Depok, Sleman, Yogakarta. Tempat penelitian tersebut mempunyai topografi dengan ketinggian ± 118mdpl. Adapun waktu penelitian di lakukan pada 21 Juni - 27 Juni 2024. Parameter yang menjadi fokus pengamatan dalam penelitian ini adalah berat air yang hilang (gr), tinggi semai (cm), diameter semai (mm), dan jumlah daun semai (helai). Pengolahan data statistik menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS. Laju transpirasi semai sengon dipengaruhi oleh variabel tinggi sebesar 91,92%, sedangkan 8,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui.

Referensi

Dwiati, M. (2019). Hubungan Tumbuhan dengan Lingkungan. UKI Press. Jakarta, July 2018, 124. http://repository.ppnp.ac.id/461/3/Buku Ajar Praktek Fisiologi Tanaman Yun Sondang dkk 2020 oke.pdf

Effendi, A. P., Siagian, M. L., Azhari, M., & Warni, S. (2022). Studi Literatur: Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Laju Transpirasi pada Tanaman. 1–8.

Farida, E. (1996). Study Awal Tentang Kecepatan Transpirasi dan Ketahanan Terhadap Kekeringan 4 (empat) Jenis Pohon Pada Tingkat Semai. Bulet’in Kehutanan No. 30/1996.

Marjenah. (2010). Pengaruh kandungan air tanah terhadap pertumbuhan dan transpirasi semai Shorea leprosula Miq. Jurnal Penelitian Dipterokarpa, 4 No.1.

Nugroho, T. A., & Salamah, Z. (2015). Pengaruh Lama Perendaman dan Konsentrasi Asam Sulfat (H2SO4) terhadap Perkecambahan Biji Sengon Laut (Paraserianthes falcataria). Jupemasi-Pbio, 2(1), 230–236.

Papuangan, N., Nurhasanah, & Djurumudi, M. (2014). Jumlah Dan Distribusi Stomata Pada Tanaman Penghijauan Di Kota Ternate. 3(September).

Prijono, S., & Laksamana, M. (2016). Studi Laju Transpirasi Peltophorum dassyrachis dan Gliricidia sepium Pada Sistem Budidaya Tanaman Pagar Serta Pengaruhnya Terhadap Konduktivitas Hidrolik Tidak Jenuh. J-Pal, 7(1), 15–24.

Setiawan, A. B., R., S. W. B., & Wibowo, C. (2015). Relationship Transpiration Ability with Growth Dimension of Seedling Acacia decurens Inoculated with Glomus etunicatum and Gigaspora margarita. Jurnal Silvikultur Tropika, 06(2), 107–113.

Silaen, S. (2021). Pengaruh Transpirasi Tumbuhan Dan Komponen Didalamnya. Agroprimatech, 5(1), 14–20. https://doi.org/10.34012/agroprimatech.v5i1.2081

Zulkarnain, T., Mardhiansyah, M., & Yoza, D. (2016). Pengaruh Lama Perendaman Daun Sirih (Piper Betle Linn.) Dalam Menjaga Kualitas Benih Sengon (Paraserianthes Falcataria (L.) Nielsen). Jurnal Online Mahasiswa Faperta UR, 3(2), 1–7.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-19

Cara Mengutip

Maulana, R., Andayani, S. T., & Hadi, D. S. (2024). Laju Transpirasi Semai Sengon (Falcataria moluccana). AGROFORETECH, 2(2), 901–905. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/1375

Terbitan

Bagian

Kehutanan

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>