Pengaruh Tekanan terhadap Oil Losses Keluaran Press pada Berbagai Mesin Press

Penulis

  • Azizi Abdi Wibowo Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Gani Supriyanto Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Hermantoro Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Ampere, oil losses in fiber, press, merek mesin press dan tekanan.

Abstrak

Penelitian ini dilakuakan guna mendapatkan pemahaman tentang kandungan sisa minyak sawit pada serat yang dihasilkan pada beberapa merek mesin press, serta menentukan merek mesin press terbaik untuk mencapai standar kehilangan minyak pada hasil serat. Sampel pers dikumpulkan dari satu lokasi di dekat cone screw press. Sampel yang dikumpulkan adalah sampel tekanan, oil loss pada sampel fiber, dan merk mesin press. Tiap varian mesin pressmempunyai keunggulan dan keterbatasan masing-masing, maka dari itu, riset ini memperbandingkan ketiga merek mesin press yang telah diuji.

Referensi

Atta, K. dkk. (2021). Oil Losses di Fibre From Press Cake pada Pt. Amp Plantation Unit Pom. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 234–239.

Berthauli, J. (2018). Analisis Penentuan Kehilangan Minyak Kelapa Sawit terhadap Proses Pengepresaan (Screw Press) yang Terdapat di Ampas Press pada PTPN IV PABATU.

Direktorat Jenderal Perkebunan. (2010). Peran Strategis Kelapa Sawit Indonesia Tahun 2008.

Fauzi, Y. dkk. (2007). Kelapa Sawit, Budidaya, Manfaat Hasil Limbah Dan Analisa Usaha Serta Pemasaran. Edisi Revisi. Cetakan 21. Swadaya Jakarta.

Harisandi, H. (2008). Pabrik Pengelolahan Kelapa Sawit. Universitas Sumatra Utara Medan.

Hasballah, I. dkk. (2018). Pengaruh Tekanan Screw Press Saat Proses Pengepresan Daging Buah Ke Crude Palm Oil. Darma Agung, XXVI, 722–729.

Hassan, A. dkk. (1999). Perusahaan Kelapa Sawit. Institut Penyelidikan Minyak Kelapa Sawit: Malaysia.

Hikmawan, O. dkk. (2020). Pengaruh Tekanan di Stasiun Screw Press Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Pada Kehilangan Minyak Dalam Ampas Press. Jurnal Teknik Dan Teknologi, 15(29), 36–43.

Mahyunis, A. dkk. (2015). Pengaruh Lama Waktu Perebusan Terhadap Sifat Kuat Tekan Dan Regangan Biji Kelapa Sawit Varietas Tenera Di PTPN II PKS Pagar Marbau. Agroestate, VI No. 2, 128–144.

Panjaitan, B. D. (2022). Analisa Perubahan Tekanan dan Lama Waktu Perebusan Pada Fraksi Kematangan Buah Terhadap Kondensat (Oil losses) Pada Sterilizer. Teknik Pertanian, 14, 1.

Pahan, I. (2007). Panduan Lengkap Kelapa Sawit, Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Penebar Swadaya. Jakarta.

Papilo, P. dkk. (2016). Klaster Industri Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Agroindustri Bioenergi Berbasis Kelapa Sawit. Jurnal Teknik Industri, 11(2), 87

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-27

Cara Mengutip

Wibowo, A. A., Supriyanto, G., & Hermantoro. (2023). Pengaruh Tekanan terhadap Oil Losses Keluaran Press pada Berbagai Mesin Press . AGROFORETECH, 1(3), 2086–2096. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/802

Terbitan

Bagian

Teknik Pertanian

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama