Desain Kemasan dan Penampilan Produk Gula Kelapa Pacitan untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

Penulis

  • Regina Septi Charoline Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Instiper Yogyakarta, Indonesia
  • Herawati Oktavianty Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Instiper Yogyakarta, Indonesia
  • Erista Adisetya Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Instiper Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

pengemasan, gula kelapa, kadar air, tekstur, validitas, reliabilitas

Abstrak

Pengemasan adalah pembungkusan atau pengepakan bahan pangan atau kuliner dan termasuk keliru satu upaya pengawetan makanan, karena pengemasan bisa memperpanjang umur simpannya Kеmаsаn juga mеrupаkаn hаl pеrtаmа yаng dilihаt pеmbеli dаri sеbuаh produk. Gula kelapa adalah gula yg dihasilkan asal penguapan nira kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui bagaimana tingkat kesukaan panelis terhadap jenis dan bentuk kemasan serta untuk mengetahui apakah kemasan mempengaruhi daya tarik konsumen. Metode yang digunakan yaitu rancangan blok lengkap dengan 2 faktor. Adapun alat utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi corel draw, aplikasi SPSS, desicator, gelas proslen, penetrometer, oven, vacuum sealer. Bahan yang digunakan yaitu gula kelapa, kemasan box kardus/karton, kemasan plastik PP, alumunium foil. Dilakukan analisis fisik, kimia dan hasil dari kuesioner. Hasil Uji analisis kadar air menghasilkan kadar air terendah terjadi pada jenis kemasan alumunium foil dengan rerata 6,5568%,  dan pada uji analisis tekstur rerata terendah terjadi pada kemasan alumunium foil dengan rerata 9,1667 mm/gr/dt. Hasil dari kuesioner yang terbagi menjadi 2 faktor yaitu fungsional dan estetika, kedua faktor tersebut jumlah skor tertinggi terdapat pada kategori pernyataan S dan SS. Dengan demikian daya tarik perbaikan kemasan produk gula kelapa pacitan dalam kondisi baik. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan nilai valid dan reliabilitas yang baik.

Referensi

Andy L S, Dkk . 2021. Polypropylene Dipadukan Dengan Plastic Polyethylene. Jurnal Teknologi Terapan. vol.2 No.1.

Aurand L., Wood, A., Awells, M., 1987. Food Composition And Analysis. New York: Reinhold Company.

Direktorat jendral Perkebunan. 2019. Produksi Gula Nasional Http://Ditjenbun.Deptan.Go.Id.

Gobe, M. 2005. Emotional Branding, Jakarta: Erlangga

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gulo, W., 2002, Metodologi Penelitian, PT Grasindo, Jakarta.

Hendarto. 1996. Perubahan Kimia Gula Kelapacetak Yang Dibuatdariniradengan Ph Berbedaselamapenyimpanan. Skripsi. Fakultaspertanian Universitas Jenderalsoedirman, Purwokerto, Hal. 47.

Herlina, V., 2019, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Iskandar, Djoko Tjahjono. 1998. Amfibi Jawa dan Bali. Bogor: Puslitbang Biologi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Klimchuck, Mаriаnnе Rosnеr Аnd Sаndrа А. Krаsovеc. 2007. Dеsаin Kеmаsаn

Klimchuk, Mаriаnnе Dаn Sаndrа А. Krаsovеc.2006. Dеsаin Kеmаsаn. Jаkаrtа: Еrlаnggа.

Kotler, P Dan Amstrong G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Kotler, P Dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 1992. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.

Kusumasari A D. 2017. Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream.Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 49 No. 2.

Lokman, A. M., 2010, Design &Emotion: The Kansei Engineering Methodology. Malaysian Journal Of Computing, 1(1), Pp. 1-14.

MahalliM A Z. 2020.Perancangan Ulang Kemasan Pakaian Menggunakan Metode Kansei Engineering.Jurusan Teknik Industri Teknologi IndustriInstitut Sains &Teknologi Akprind Yogyakarta.

Mutiara, N. 2018. Kemasanpangan. Yogyakarta :Plantaxia

Nagamachi, M., 2011, Kansei/Affective Engineering, FL: CRC Press, Boca Raton.

Nagamachi, M., Dan Lokman, A., M., 2011, Innovation Of Kansei Engineering, FL: CRC Press, Boca Raton.

Pontoh, J. 2007. Analisa Komponen Kimia Dalam Gula Dan Niraaren. Laporan Pada Yayasan Masarang.Tomohon.

Pradhana A A. 2020.Perbaikan Kemasan Geplak Dengan Metode Kansei Engineering Pada Ukm Geplak Bantul Bu Warti. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pratama A. I Dan Nur Anita. (2022). Kajian Pemasaran Dan Pengembangan Nilai Tambah (Value Added) Produk Bumdesa Kuala Alam Dalam Mendorong Usaha Kemandirian Daerah. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Volume 5 No. 1 Juni 2022

Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, Mp., Dr. Ir. Ketut suriasih, M.App.Sc., Dr. Ir. Pande Ketut Diah kencana, MS., 2017.Pengemasan Pangan. Udayana Universitas udayana.

Putu Risma Dewi, dkk. (2022)Pengaruh Jenis Kemasan Terhadap Karakteristik Cookies Ampas Tahu Selama Penyimpanan. Jurnal ilmu dan teknologi pangan. 11 (2) 2022 261-271

Pеrаncаngаn Mеrеk Produk Yаng Bеrhаsil Mulаi Dаri Konsеp Sаmpаi Pеnjuаlаn Jаkаrtа: Еrlаnggа

Rahayu, W.P. (2001). Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Teknologi Pangan dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Renate D. 2009. Pengemasan Puree Cabe Merah Dengan Berbagai Jenis Plastik Yang Dikemas Vakum. Jurnal Teknologi Industri Dan Hasil Pertanian. 14(1): 80- 89.

Rifda, N. , Budi, S. Sakhidin, K. dan Tri, Y. 2013. Desain Bentuk Dan Kemasan Untuk Mempertahankan Mutu Gula Kelapa. Jurnal Pembangunan Pedesaan Volume 13 Nomor 1, Juni 2013, hal 57 – 66..

Rifda, N. Rifah, E. Dan Maulana A. 2012. Stabilitas Gula Kelapaberiodium.Purwokerto : Universitas Jendralsoedirman.

Riyanto, S., Dan Hatmawan, A. A., 2020, Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen, CV Budi Utama, Yogyakarta.

Santoso, HB. 1993. Pembuatan Gula Kelapa. Kanisius, Yogyakarta, Hal. 56.

Siregar, S., 2013, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual &SPSS, Kencana, Jakarta.

Stаnton, Williаm.J. 2006. Prinsip Pеmаsаrаn. Jilid 1. Аlih Bаhаsа Olеh Yohаnеs Lаmаrto. Еdisi Kе7. Jаkаrtа : Еrlаnggа

Sujarweni, V. W., 2007, Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian Skripsi, Tesis, Desertasi &Umum, Ardana Media, Yogyakarta.

Sukawati, E. D. 2005. PenentuanUmurSimpanBiji dan Bubuk Lada HitamDenganMetodeAkselerasi. Skripsi .fateta. IPB, Bogor.

Suyitno. 1990. Bahan-bahan Pengemas. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Syarief, R. dan H. Halid. 1993. Teknologi Penyimpanan Pangan. Arcan, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-26

Cara Mengutip

Charoline, R. S., Oktavianty, H., & Adisetya, E. (2023). Desain Kemasan dan Penampilan Produk Gula Kelapa Pacitan untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. AGROFORETECH, 1(2), 1107–1116. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/619

Terbitan

Bagian

Teknologi Hasil Pertanian

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>