Peran Kelompok Tani Abdi Makmur Terhadap Kegiatan Budidaya Karet Di Dusun Labuhan Indah, Way Serdang, Mesuji, Lampung

Penulis

  • Ketut Alek Sandra Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Ismiasih Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Resna Trimerani ,Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Kelompok Petani, peran, budidaya, karet

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan pelaksanaan budidaya karet, menjelaskan cara kerjakelompok tani pendukung budidaya karet dan mengetahui peran kelompok tani dalam budidaya karet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling yang dilakukan pada bulan Desember 2022 di Dusun Labuhan Indah, Kecamatan Weyserdang, Kabupaten Mesji. Metode pengambilan sampel menggunakan metode numerik dan metode kualitatif berupa wawancara, angket dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dan mengumpulkan data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer, materi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan model rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Labuhan Indah budidaya karet meliputi kegiatan pembibitan, pemeliharaan tanaman dan produksi. Kegiatan organisasi petani pendukung budidaya karet meliputi pelatihan pengolahan dan distribusi lateks. Peran kelompok tani yang paling penting dalam menunjang kegiatan pertanian adalah sebagai sarana kerjasama. Hal ini ditunjukkan dengan nilai 2,65 yang berarti peran kelompok tani sebagai sarana kerjasama tinggi.

Referensi

Arikunto S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitiandan Penilaian Program. Yogyakarta:PustakaPelajar.

Rinaldi Prasetya,dan Begem Viantimala, 2015 Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Kopi di Kelurahan Tugusari Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Agrobisnis, Vol3 No. 3.

Nurmala, L.,Noormansyah, Z., Pertanian, F., Galuh, U., Pertanian, F., & Padjadjaran, U. (2013). (sariawan akut). Mineral yang banyak dikandung adalah kalium,. 3, 97–102.

Pertiwi, D. (2008). Skripsi Analisis Usahatani Sayuran Organik di PT Anugerah Bumi Persada “RR Organic Farm”. Kabupaten Cianjur. Jawa Barat.

Erwadi,2012. “peran penyuluh pertanian dalam kelompok tani”. Alfabeta. andalas.

Awaludin, Muhammad Fajar, and Maulana Rifai. "Peran Kelompok Keagamanaan Dalam Menjaga Keharmonisan dan Keberagaman." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8.12 (2022): 467-477.

Harnisa, Pata, A. A., & Azisah. (2021). Peranan Kelompok Tani dalam Meningkatkan Produksi Usahatani Kedelai di Desa Bulu Tellue Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Jurnal Agribis, 13(1), 157–174. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/agribis.v9i1.888

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26

Cara Mengutip

Sandra, K. A., Ismiasih, & Trimerani, R. (2023). Peran Kelompok Tani Abdi Makmur Terhadap Kegiatan Budidaya Karet Di Dusun Labuhan Indah, Way Serdang, Mesuji, Lampung. AGROFORETECH, 1(3), 1755–1763. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/903

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>