Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Panen Pada PT. Menthobi Sawit Jaya Di Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah

Penulis

  • Yusuf Apriyanto Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Agatha Ayiek Sih Sayekti Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Resna Trimerani Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kinerja; Usia; Tanggungan Keluarga; Kondisi Lahan; Pemanen.

Abstrak

PT Menthobi Sawit Jaya adalah salah satu perusahaan di Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki tujuan produksi kelapa sawit. Peningkatan produksi sangat bergantung pada kinerja pemanen. Kinerja pemanen terkait dengan usia, dimana semakin tua usia, maka semakin rendah kinerja yang akan dihasilkan (Robbins, 2003). Beban tanggungan keluarga juga berpengaruh karena semakin banyak keluarga yang dimiliki, semakin termotivasi pemanen untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik (Yasin dan Priyono, 2016). Kondisi lahan perkebunan juga merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja pemanen, lahan yang berbukit atau miring akan membuat pemanen lebih lambat dalam melakukan pekerjaannya, yang tentunya akan berpengaruh pada kinerja. penelitian ini untuk mengetahui bagaimana usia memengaruhi, tanggungan keluarga, dan kondisi lahan terhadap kinerja karyawan panen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022 di PT. Menthobi Sawit Jaya cabang Sungai Gasing Estate di Desa Tanjung Hara dan Tanjung Paring Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Total responden berjumlah 44 orang pemanen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia berpengaruh negatif terhadap kinerja berarti jika usia karyawan semakin bertambah, maka kinerja karyawan panen akan semakin menurun, tergantung pada jumlah tanggungan keluarga. positif terhadap kinerja yang artinya, jika jumlah tanggungan dalam keluarga meningkat, maka kinerja karyawan panen akan semakin bertambah juga. Kondisi lahan dalam hal ini lahan datar berpengaruh positif terhadap kinerja berarti jika karyawan panen melakukan proses panen pada kondisi lahan yang datar, maka akan meningkatkan kinerja karyawan panen tersebut.

Referensi

Arham, A., Marsudi, E., & Azhar, A. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Panen Kelapa Sawit Di Kebun Batee Puteh PT. Agro Sinergi Nusantara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 3(2), 183-194.

BPKAD Kabupaten Banjar, 2017. Pentingnya Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai.

Direktorat Jendral Perkebunan, 2022. Luas Areal Kelapa dan Produksi Kelapa Sawit Menurut Provinsi dan Status Pengusahaan Tahun 2020. Ditjenbun. Jakarta. ditjenbun.pertanian.go.id. Diunduh September 2022.

Meutia, K. I., Alqorrib, Y., Fauzi, A., Langi, Y., Fauziah, Y. N., Apriyanto, W., & Ramadhani, Z. I. 2022. Pengaruh Usia Karyawan Dan Absensi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 674-681.

Putranti, K.A., Sam H dan M.Faiz S. 2012. Studi Waktu (Time Study) pada Aktivitas Pemanenan Kelapa Sawit Di Perkebunan Sari Lembah Subur, Riau. Jurnal Keteknikan Pertanian. 26 (2) : 99-106.

Robbins, S, 2003. Perilaku Organisasi. PT. Indeks. Jakarta.

Sari, B. I., Anwar, R., & Rusmini, R. 2020. Evaluasi sistem premi panen terhadap kinerja karyawan panen pada perkebunan kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di PT. Sentosa Kalimantan Jaya. Jurnal Agriment, 5(02), 123-131.

Septianto, Y, 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kelapa Sawit di Desa Gading Raja Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Universitas Tridinanti, Palembang. Skripsi, publikasi terbatas.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Tambunan, K. K., Dalmiyatun, T., & Satmoko, S, 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Musam Utjing. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J-SEP), 12(1), 29-40.

Visano, M. A., Zuki, M., & Uker, D. 2020. Hubungan Topografi Lahan Dan Tinggi Pohon Dengan Kelelahan Pekerja Dan Produktivitas Pemanenan Kelapa Sawit Correlation Between Topography And Height Of Tree With Fatigue Of Worker And Productivity Of Palm Oil. Jurnal Agroindustri Vol, 10(2), 118-128.

Yasin, M., & Priyono, J. 2016. Analisis faktor usia, gaji dan beban tanggungan terhadap produksi home industri sepatu di Sidoarjo (Studi kasus di Kecamatan Krian). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 95-120.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26

Cara Mengutip

Apriyanto, Y., Sayekti, A. A. S., & Trimerani, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Panen Pada PT. Menthobi Sawit Jaya Di Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. AGROFORETECH, 1(3), 1653–1658. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/869

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>