Respon Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit terhadap Pemberian Kompos Sampah Pasar dan Pupuk Anorganik di Pre Nursery

Penulis

  • Novanda Hary Nugraha Mahasiswa Instiper Yogyakarta, Indonesia
  • Ni Made Titiaryanti Program Studi Agroteknologi, INSTIPER JOGJA, Indonesia
  • Pauliz Budi Hastuti Program Studi Agroteknologi, INSTIPER JOGJA, Indonesia

Kata Kunci:

Kompos sampah pasar, anorganik, pre nusery

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respons bibit kelapa sawit dengan pemberian kompos sampah pasar dan pupuk anorganik di pembibitan tahap awal atau pre-nursery. KP2 Institut Pertanian Stiper di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, menjadi tempat penelitian ini. Dilakukan pada Juli hingga Oktober 2021 di ketinggian 118 meter dari permukaan laut. Metode yang di gunakan pada penelitian ini merupakan percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri atas 2 faktor yang di susun dalam rancangan acak lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD), yang memiliki 2 faktor. Faktor 1 ialah pupuk kompos pasar yang memiliki 4 aras, ialah : K0= 0 g/ polybag, K1=100 g/polybag, K2=200 g/polybag, K3=300 g/polybag. Faktor 2 yaitu pupuk anorganik yang memiliki 4 aras, ialah : P0=0 g/liter air, P1=1,5 g/liter air, P2=2 g/liter air, P3= 2,5 g/liter air. Dari kedua perlakuan tersebut, di peroleh 4x4 kombinasi perlakuan. Masing-masing perlakuan dengan 3 ulangan sehingga diperoleh 48 satuan percobaan. Hasil pengamatan di analisis dengan sidik ragam Analysis Of Variance (ANOVA). Temuan menunjukkan bahwa, kecuali diameter batang, tidak ada interaksi antara dosis kompos sampah pasar dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery. Hasil terbaik diperoleh dengan 300 g kompos sampah pasar dan 0 g pupuk anorganik. Bibit kelapa sawit pre-nursery tumbuh lebih cepat ketika diberikan kompos sampah pasar, tetapi bibit kelapa sawit pre-nursery tidak tumbuh lebih cepat ketika dosis pupuk anorganik ditingkatkan.

Referensi

Ardhikari, S.2004. Fertilization, soil and water quality management in small scale ponds: Fertilization requirements and soil properties: 3 hlm. http://www.enach.org/aquaculture/article/oct-Dec-2003/9fertilization.pdf: Diakses tanggal 03 Februari 2021.

Darlan, N. H. Winarna, E. S. Sutarta. 2005. Peningkatan Efektivitas Pemupukan Melalui Aplikasi Kompos TKS Pada Pembibitan kelapa sawit. Prosiding. Pertemuan Teknis Kelapa Sawit. Medan.

Ermansyah. 2012. Pemanfaatan Mikoriza Vesicular Arbuskula (MVA) dan Berbagai Jenis Kompos Terhadap Pertumbuhan Bibit Sambung Pucuk Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Ginting EN. 2009. Pembibitan Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Jorge, A. D. J. 2012. Pemanfaatan tandan kosong dan abu janjang kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) sebagai Amelioran terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan utama. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Krisnawati. 2014. Pengaruh Aerasi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Baby Kailan (Brassica Oleraceae Var. Achepala) Pada Teknologi Hidroponik Sistem Terapung DI Dalam Dan Di Luar Green House. [skripsi]. Jurusan Teknik Pertanian Universitas Lampung.

Lubis. R.E. dan A. Widanarko. 2011. Buku Pintar Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Mariana, C. 2012. Pemanfaatan kompos kulit buah kakao pada pertumbuhan bibit kakao hibrida (Theobroma cacao L). Jurnal Pertanian. Pekanbaru, Riau.

Oviyanti, F, Syarifah, Nurul, H. 2016. Pengaruh pemberian Pupuk Organik Daun Gamal (Gliricidia sepium (Jacq.) Kunth ex Walp.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Biota Vol 2 No.1.

Purnamasari, I. 2011. Kinetika Reaksi Polimerisasi Urea-Asetaldehid Dalam Proses Enkapsulasi Urea (Tesis). Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Quansah, G. W. 2010. Improving soil productivity through biochar amendments to soils. J. Environ. Sci. Technol. Africa 3:34-41.

Rukmana, R. 2007. Bertanam Petsai dan Sawi. Kanisius. Yogyakarta.

Sarno dan F. Eliza. 2012. Pengaruh Aplikasi Asam Humat dan Pupuk N Terhadap Pertumbuhan dan Serapan N pada Tanaman Bayam (Smaranthus spp.). Prosiding Seminar Nasional Sains Matematika Informatika dan Aplikasinya III UNILA.

Senesi, N. 1993. Composted Material as Organic Fertilizers. Instituto di Chimica Agraria. Universitas di Maria, Italy.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-26

Cara Mengutip

Nugraha, N. H., Titiaryanti, N. M., & Hastuti, P. B. (2023). Respon Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit terhadap Pemberian Kompos Sampah Pasar dan Pupuk Anorganik di Pre Nursery. AGROFORETECH, 1(2), 991–997. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/695

Terbitan

Bagian

Agroteknologi

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>