Kondisi Sosial Ekonomi Petani Tembakau di Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Penulis

  • danielgk hasugian Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Arum Ambarsari Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Danang Manumono Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Kata kunci : Kondisi sosial ekonomi, Pendapatan, Kesejahteraa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi petani tembakau di Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling. Metode data yang digunakan adalah Deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata – rata pendapatan petani tembakau sebesar Rp11.985.068, usahatani tembakau layak untuk di usahakan karan dikecamatan selo R/C lebih dari 1 yaitu 6,7 dikarenakan di daerah tersebut penyewaan lahan tidak ada. Kondisi sosial petani tembakau sangat baik ditandai dengan terjalinnya interaksi antar warga yang sudah optimal. Kondisi ekonomi petani tembakau termasuk kategori golongan pendapatan sedang ditandai dengan kepemilikan asset petani yang sudah terpenuhi. Sistim budidaya yang dikunakan petani adalah max fruming.

Referensi

Anonim, 2022. Pembudidayaan, Pengolahan dan pemasaran Tembakau. Penebar swadaya. Jakarta. www.wur.edu.

Agus Dwi, 2018. kondisi sosial ekonomi petani tembakau rakyat mitra pt pandu sata utama di kecamatan trucuk kabupaten klaten,70-75.

Budiman,Haryanto,2013.”Budidaya Tanaman Tembakau”.Pustaka Baru Pess,Yogyakarta

Budiman, 2015. analisis faktor-faktor penentu dalam peningkatan kondisi sosialekonomi petani hutan rakyatdi kabupaten ciamis Vol, 3, No 4

Cahyono,B. 2011. Botani Tanaman Tembakau ( Nicotinae Tabaccum L. ). Kanisius,Yogyakarta. www.working paper.edu

Dyckman.2002.Intermediate Accounting, Mc Graw. New York.

Djanamo,2009. Sosial Ekonomi Petani Tembakau Di Kabupaten Sleman Yogyakarta .Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Vol 5, No 3.

Dhanang, W. 2012. Dinamika Industri Tembakau Indonesia dalam Pasar Global. Wahyudhanang. /2014/07/dinamika-industri-tembakauindonesia.html.

Erianto, R. 2016 Skripsi Kondisi Sosial Ekonomi Pertani Tebu di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.Vol 7, No 1.

Geutara, 1978. Buku Pengolahan Tembakau, Departemen Teknologi Hasil Pertanian Fatemeta – IPB, Bogor.

Herjono, 1999. Buku Sosiologi Perdesan Dan Pertanian.Jakarta

Herjono, 2012.”Analisis Efisiensi Produksi dan Pendapatan Usahatani Tembakau di Kabupaten Lampung Timur”. Repository.umsu.ac.id

Iswandi, 2014. Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Petani Padi, University IPB Bogor. Vol, 6, No 2

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26

Cara Mengutip

hasugian, danielgk, Ambarsari, A., & Manumono, D. (2023). Kondisi Sosial Ekonomi Petani Tembakau di Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. AGROFORETECH, 1(3), 1694–1703. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/845

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>