Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (Ocb) terhadap Kinerja Karyawan Perkebunan Di PT. Serba Huta Jaya Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara

Penulis

  • Thomas Fernando Sijabat Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Tri Endar Suswatiningsih Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Danang Manumono Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Organizational Citizenship Behavior, Kinerja Karyawan

Abstrak

Kinerja merupakan salah satu kegiatan dan menyempurnakan pekerjaan sesuai dengan tanggung jawab sehingga dapat mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan organizational citizenship behavior (OCB) dari suatu perusahaan perkebunan terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskrftif kuantitatif. Penelitian dilakukan di PT. Serba Huta Jaya, dengan jumlah 45 karyawan. teknik analisa data yang digunakan analisis regresi non linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis  Altruism (Sifat Tolong-menolong), Conscientiousness (Sifat berhati-hati), dan Sportnanship (Sikap Sportif) tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan. Organizational citizenship behavior (OCB) yang diterapkan oleh karyawan tidak dilakukan secara sukarela tetapi dilakukan karena adanya pembagian hasil panen dan karyawan melakukan pekerjaan dengan sportif dan berhati-hati karena adanya sistem denda.

Referensi

Abrar, U., & Isyanto. (2019). Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Studi Pada PT . Urchindize Cabang Madura ). Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(2), 106–114.

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aprianti, D,I. dan Bhaihaki, M. (2017) Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Pada Karyawan PT. Bank Central Asia Kantor Cabang Utama Samarinda. Junral Ekonomika. Universitas Gajah Mada. Vol 2 No. 2

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Bustomi, A., Sanusi, I., dan Herman. (2020). Pengaruh Organizational Citizen Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Survei pada Pegawai Kementrian Agama Kota Bandung). Jurnal Manajemen Dakwah. Vol 5 No 1. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia.

F. Tontoli., Kojo., Sendow. G . (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Daerah Bolaang Mongodow Selatan. Jurnal EMBA Vol.10.

Garay, H.D. V. 2006. Kinerja Extra-role dan Kebijakan Kompensasi. Sinergi Kajian Bisnis dan Managemen, 8 (1), 33-42.

Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Henry Simamora, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta.

Kusdi. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. 274 hal.

Nugroho, Adi S,. dan Haritanto, Walda. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Statistika (Teori, Implementasi, & Praktik dengan SPSS). Ed.1, Cetakan 1. ANDI, Yogyakarta.

Pristiwati, M. (2018) Pengaruh Komitemen Ogrnisasional dan Organizational Citizen Behavior Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. PLN Persero Area Sidoarjo). Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang. Indonesia.

Rivai dan Ella Sagala, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta.

Sakti, P., Dwi Handoyo, R., & Wihadanto, A. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 60– 68.

Samsudin, Sadili. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif R&D. Alfabeta.

Subawa. Suwandana. 2017. Pengaruh kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9. PP. 4772-4799.

Sudarmanto. 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tambe. S., & Shanker. M,. (2014. A Study of Organizational Citizenship Behaviour (OCB) and ItsDimensions: A Literature Review”. Dalam International Research Journal of Business and Management. Vol. 1. 67-73.

Titisari, P. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behavior. Bandung: Mitra Wacana Media

Wibowo, (2007), Manajemen Kinerja, Edisi kedua, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta

Yuniar, I.G.A ; Nurtjahjanti, H; Rusmawati, D. 2011. Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dan Resiliensi Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan Kantor Pusat PT. BPD Bali. Jurnal Psikologi Undip Vol. 9, No.1, April 2011.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26

Cara Mengutip

Sijabat, T. F., Suswatiningsih, T. E., & Manumono, D. (2023). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (Ocb) terhadap Kinerja Karyawan Perkebunan Di PT. Serba Huta Jaya Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara. AGROFORETECH, 1(3), 1771–1778. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/863

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>