Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Brokoli (Brassica Oleraceae Var Italica)

Penulis

  • herry micael sembiring Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Candra Ginting Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia, Indonesia, Indonesia
  • Ni Made Titiaryanti Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia, Indonesia, Indonesia

Kata Kunci:

kandang sapi, pupuk npk, dosis, brokoli

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kandang dan pupuk NPK terhadappertumbuhan dan hasil brokoli. Penelitian ini telah dilaksanakan pada 01 Januari – 17 April 2023 di lahan milik warga di desa Kwalikan, Keragilan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang dengan ketinggian 841 mdpl. Penelitian ini menggunakan metode percobaan pola factorial yang disususun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama dosis pupuk kandang terdiri dari 4 aras yaitu dosis 145 g (K1), dosis 285 g (K2), dosis 300 g (K3), dosis 428 g (k4). Faktor kedua dosis pupuk NPK yang terdiri dari aras yaitu dosis 0 g (M0) kontrol, dosis 2,8 g (M1), dosis 3,5 g (M2), dosis 4,2 g (M3). Dari kedua percobaan tersebut maka diproleh 16 kombinasi perlakuanMasing masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga di proleh 48 satuan percobaan.Data hasilpenelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Analysis of Variance) pada jenjang nyata 5%. Apabila ada bedanyata dalam perlakuan diuji lanjut dengan menggunakan DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada jenjang nyata5%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi nyata antara perlakuan pupuk kandang dengan pupuk NPK pada parameter berat segar akar, berat kering akar, berat segar akar dan berat kering akar. Kombinasi terbaik adalahpupuk kandang 300 g dengan pupuk NPK 3,5g. pupuk NPK yang optimal pada setiap parameter tanaman adalah dosis pupuk kandang 300g dengan dosis pupuk NPK 3,5g pada pertumbuhan brokoli.Pupuk kendang dan pupukNPK memberi pengaruh yang sama terhadap tinggi tanaman,jumlah daun ,diameter bunga dan berat bunga

Referensi

Arienzo M., P Adamo, V. Cozzolino. 2003. The Potential of Lolium Perenne forRe vegetation of Contamined Soil form a Metallurgical Site. ElsevierScience, 319 (2004): 13 -25.

A Setiawan. 2019. Statistik Tanaman Sayuran dan Buah-buahan Semusim Indonesia 2019.

Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Dalmadi. 2010. Syarat Tumbuh Brokoli. Jakarta: Direktorat Jenderal Holtikultura.

Dharmawan IW. 2003. Pemanfaatan endomikoriza dan pupuk organik dalam memperbaiki pertumbuhan Gmelina arborea LINN pada tanah tailing [Tesis]. Bogor: Program Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor.

Hakim, N., M.Y. Nyakpa, A.M. Lubis, S,G. Nugroho, M.R. Saul, M.A. Diha,G.B. Hong & H.H. Bailey. 1986. Dasar – Dasar Ilmu Tanah. Universitas Lampung. Lampung.

Hermaya, J. 2010. Pengaruh Dosis Pupuk Kandang dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Caisim (Brasicca chinensis L.). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Notodarmojo, S., 2005. Pencemaran Tanah dan Air Tanah. Penerbit ITB, Bandung. 69-252 Natalia, Prita Kurnia (2019) Pengaruh Pemberian Pupuk Npk Dan Kompos Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Brokoli (Brassica Oleracea L. Var. Italica).

Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Rukmana, R. 1994. Budidaya Kubis Bunga dan Brocoli. Yogyakarta: Kanisius.. Samekto, Riyo. 2006. Pupuk Kompos kandang sapi. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama. Sunarjono, Hendro. 2003. Bertanam 30 Jenis Sayur. Penebar Swadaya,Jakarta.

Sunarjono, H. 2008. Bertanam 30 Jenis Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Widowati, L. R., W. Sri, U. Jaenudin, dan W. Hartatik. 2004. Pengaruh Pupuk Organik yang Diperkaya dengan Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat-Sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik.Laporan Proyek Penelitian Program Pengembangan Agribisnis Balai Penelitian Tanah.

Wasonowati, C. 2009. Kajian Saat Pemberian Pupuk Dasar Nitrogen dan Umur Bibit pada Tanaman Brokoli (Brassica oleracia L.). Fakultas Pertanian. Universitas Trunojoyo Madura.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-22

Cara Mengutip

sembiring, herry micael, Ginting, C., & Titiaryanti, N. M. (2023). Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Brokoli (Brassica Oleraceae Var Italica). AGROFORETECH, 1(3), 1423–1428. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/775

Terbitan

Bagian

Agroteknologi

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama