Kondisi Sosial Ekonomi Petani Sayuran Desa Sukamanah, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung Saat Pandemi Covid-19

Penulis

  • Rofi Abdulah Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Listiyani Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Fahmi Kifli Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Abstrak

Kondisi ekonomi merupakan salah satu bentuk kesejahteraan sosial. Status ini dapat diukur dalam beberapa dimensi, antara lain pendapatan ekonomi, dan ekonomi rumah tangga. Dalam kasus pandemi COVID-19, banyak yang berubah akibat kebijakan sosial yang serba membatasi, baik dari segi kegiatan usaha pertanian maupun aktivitas keluarga untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dampak pandemi COVID-19 terhadap situasi ekonomi kegiatan pertanian dan ekonomi rumah tangga di Desa Sukamana, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah purposive random sampling berdasarkan pengetahuan independen peneliti, menggunakan pendekatan langsung untuk mengetahui hasil secara obyektif dan realistik dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 mengubah lanskap kegiatan usaha pertanian dan kebutuhan rumah kebutuhan.

Referensi

Harmanto (2021). Dampak Ekonomi Penyebaran Covid-19 Terhadap Kinerja Sektor Pertanian. Jurnal Perencanaan Pembangunan Pertanian.

Kartika, Dan Novrianti (2021). The Impact Of The COVID-19 Pandemi On Farmers Work Patterns/Vol 2. No 1,Jurnal Pancaka.

Yamalil.FR, Putri.RN (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. No 2/Vol.4, Journal Ekonomi Dan Bisnis.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26

Cara Mengutip

Abdulah, R., Listiyani, & Kifli, F. (2023). Kondisi Sosial Ekonomi Petani Sayuran Desa Sukamanah, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung Saat Pandemi Covid-19. AGROFORETECH, 1(3), 1649–1652. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/738

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama