Analisis Pemasaran Semangka (Citrullus lanatus) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Penulis

  • Gilbert Hutagaol Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Listiyani Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Fitri Kurniawati Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Saluran, margin, efisiensi pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu saluran pemasaran, margin pemasaran, serta efisiensi pemasaran buah semangka di Kabupaten Klaten. Metode dasar penelitian yang digunakan yaitu metode Deskriftif. Metode penentuan lokasi menggunakan purposive, dengan penentuan sampel menggunakan Snowball Sampling yaitu penentuan data yang mula-mula kecil kemudian menjadi besar dengan mengikuti alur pemasaran mulai dari petani hingga konsumen akhir terdapat 30 orang petani (responden) dan 9 orang pedagang (responden). Analisi data yang digunakan yaitu deskriftif kuantitatif, data yang dikumpulkan dianalisis untuk mengetahui saluran pemasaran, magin dan efesien pemasaran yang di peroleh setiap lembaga pemasaran. Hasil penelitian ini Terdapat 3 (tiga) saluran pemasaran buah semangka yaitu saluran pemasaran I petani – konsumen, saluran pemasaran II petani – pedangang pengecer – konsumen, dan saluran pemasaran III petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen. Berdasarkan total margin pemasaran terbesar adalah saluran pemasaran III dengan margin sebesar Rp. 4500 dengan efisiensi pemasaran 8,9%. Saluran pemasaran I menjadi saluran pemasaran yang paling efisien karena tidak melibatkan lembaga pemasaran.

Referensi

Abdullah Thamrin dan Tantri Francis. 2019. Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Ashari, A.2018. Potensi Ekonomi PerkebunanJeruk Siam Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota.Jurnal Buana. 2(3): 783-793

Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Aldabeta.

Mariyono, J., Waskito, J., Kuntariningsih, A., Gunistiyo, & Sumarno. (2019). Distribution Channels of Vegetable Industry in Indonesia: Impact on Business Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, ahead-of-p(ahead-of-print).

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-26

Cara Mengutip

Hutagaol, G., Listiyani, & Kurniawati, F. (2023). Analisis Pemasaran Semangka (Citrullus lanatus) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. AGROFORETECH, 1(3), 1709–1716. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/865

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>