Analisis Tingkat Kontribusi Tenaga Kerja Wanita Buruh Tani Tembakau terhadap Pendapatan Keluarga di Kabupaten Temanggung Kecamatan Parakan Provinsi Jawa Tengah

Penulis

  • Eishen Sinar Timothy Sidabutar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta, Indonesia
  • Danang Manumono Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta, Indonesia
  • Istiti Purwandari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Kontribusi, Buruh Tani, Tembakau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tenaga kerja wanitas pada usaha tani komoditas tembakau terhadap pendapatan keluarga di kabupaten temanggung kecamatan parakan provinsi jawa tengah. Penelitian ini pelaksanaanya ada di kecamatan parakan Kabupaten temanggung. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2023 metode yang digunakan untuk penelitian ini ialah metode deskriptif. responden dalam penelitian yang dilakukan yaitu wanita buruh tani tembakau yang ikut serta dalam kegiatan bertani tembakau Kecamatan parakan Kabupaten temanggung dengan berjumlah 40 sampel yang diberi pertanyaaN berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi wanita dalam pendapatan keluarga sebesar 33% angka ini sudah belum termasuk tinggi karena masih dibawah 50% itu dikarenakan tingkat pendapatan suami dan anak lebih tinggi dari wanita tetapi dari segi pendapatan wanita sudah cukup membantu tani,tembakau.

Referensi

Handayani, M. T., dan Artini, N. W. P. (2009). Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pembuat Makanan Olahan Terhadap Pendapatan Keluarga. Piramida Jurnal Kependudukan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 5(1), 1–9.

Manginsela, E. P. (2018). Kontribusi Perempuan Pedagang Sayuran Terhadap Pendapatan Keluarga Di Pasar Bahu Manado. Agri-Sosioekonomi, 14(3), 45–54.

Maulana, R. I., Gayatri, S., dan Dalmiyatun, T. (2019). Pengaruh Curahan Waktu Kerja Wanita Tani Tembakau Terhadap Penerimaan Keluarga Di Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J-Sep), 12(2), 92–105.

Muhlisin, M., Trismiaty, T., dan Kurniawati, F. (2017). Tingkat Partisipasi Ibu Rumah Tangga Pada Usahatani Kopi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Genting Kabupaten Semarang. Jurnal Masepi, 2(2).

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-26

Cara Mengutip

Sidabutar, E. S. T., Manumono, D., & Purwandari, I. (2023). Analisis Tingkat Kontribusi Tenaga Kerja Wanita Buruh Tani Tembakau terhadap Pendapatan Keluarga di Kabupaten Temanggung Kecamatan Parakan Provinsi Jawa Tengah. AGROFORETECH, 1(2), 1029–1032. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/639

Terbitan

Bagian

Agribisnis

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>