Kajian Angkut Panen Tandan Buah Segar (TBS) dari Tempat Pengumpulan Hasil (TPH) menuju Pabrik Kelapa Sawit menggunakan Armada Dump Truck dan Truck Biasa

Penulis

  • Ahmad Alfian Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Seno Ajar Yomo Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
  • Priyambasa Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

PENGANGKUTAN TBS, Dump truck dan truck biasa

Abstrak

Pengiriman buah dari tempat pengumpulan (TPH) ke pabrik kelapa sawit (PKS) dengan menggunakan moda transportasi yang berbeda-beda tergantung daerah atau lokasi perkebunan kelapa sawit dilakukan sebagai bagian dari penelitian pengangkutan kelapa sawit. buah. Untuk memilih moda transportasi yang tepat, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi moda transportasi yang tersedia untuk pengangkutan tandan buah segar (TBS) dalam jangka waktu tertentu. Pengetahuan tentang biaya yang terkait dengan pengiriman tandan buah segar (TBS) ke pabrik kelapa sawit (PKS), perhitungan jarak tempuh dump truck dan truk biasa dari tempat pengumpulan hasil (TPH) ke pabrik kelapa sawit ( PKS) berdasarkan kondisi kendaraan, dan pengetahuan kerusakan tandan buah segar (TBS) dengan jalan menuju pabrik kelapa sawit (PKS) merupakan manfaat dari penelitian ini menganalisa mesin pengangkut tandan buah segar (TBS).

Referensi

Afifa, Nurjanah. 2014. Proses Olah Kelapa Sawit . Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Agus S et al. 2016. Jurnal Analisa Olah Kelapa Sawit Kapasitas 30 ton/jam Di PT. BIO Nusantara Teknologi. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Arieyodoa. 2011. Teknologi Klarifikasi Minyak Sawit. http://arieyoedo.blogspot.Com/2011/04/teknologi-klarifikasi-minyak.html. Di akses pada tanggal 2 November 2019, pukul 21.10 WIB.

Arieyodob. 2011. Teknologi Pengolahan Inti Sawit. http://arieyoedo.blogspot.com/2011/04/teknologi-pengolahan-inti-sawit.html. Di akses pada tanggal 2 November 20.40 WIB.

C, Asdak. 2002. Hidrologi dan Pengolahan Air. Yogyakarta : Gajah Mada University.

Dewi. 2017.Proses Olah Kelapa Sawit Menjadi CPO. http ://dewi. blogspot.com /2019 / 06 / 22 / proses – pengolahan – kelapa -sawit-menjadi-cpo.html. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2019, pukul 19.45 WIB.

Halasson. 2017. Pabrik Minyak Kelapa Sawit. http://pabrikminyakkelapasawit.blogspot.Com/2017/10/fstasiun-press-dan-digester.html. Diakses pada tanggal 2 November 2019, pukul 19.56 WIB.

Hendrawi, 2014. Manajement Agribisnis Kelapa Sawit. Yogyakarta : Gajah Mada University

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-27

Cara Mengutip

Alfian, A., Ajar Yomo, S., & Priyambasa. (2023). Kajian Angkut Panen Tandan Buah Segar (TBS) dari Tempat Pengumpulan Hasil (TPH) menuju Pabrik Kelapa Sawit menggunakan Armada Dump Truck dan Truck Biasa. AGROFORETECH, 1(3), 2024–2027. Diambil dari https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/800

Terbitan

Bagian

Teknik Pertanian

Citation Check