PEMANFAATAN KOTORAN SAPI PADA JENIS TANAH YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY

Authors

  • Catur Pamungkas
  • Enny Rahayu
  • Dian Pratama Putra

DOI:

https://doi.org/10.55180/agi.v4i2.186

Keywords:

Kelapa sawit, produk sampingan pabrik kelapa sawit, komposisi media tanam

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui interaksi pertumbuhan dengan pemberian pupuk kandang kotoran sapi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah akan dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 mdpl pada bulan Maret sampai Mei 2019.

Penelitian ini menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam dosis kotoran sapi yang terdiri dari 5 aras yaitu k=NPK, P1=10g, P2=50g, P3=100g, P4=200g. Sedangkan faktor kedua macam komposisi tanah yang terdiri dari 3 macam yaitu pasir (regosol), lempung (grumusol), pasir+lempung dengan demikian diperoleh 15 kombinasi perlakuan, yang masing masing kombinasi perlakuan diulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara dosis kotoran sapi dan media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemanfaatan semua dosis kotoran sapi memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penggunaan komposisi jenis tanah memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan bibit. Penggunaan pasir sebagai jenis tanah memberikan pengaruh yang lebih rendah dibandingkan penggunaan lempung dan pasir + lempung sebagai media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci: Kelapa sawit, produk sampingan pabrik kelapa sawit, komposisi media tanam

References

Anonim, 2014. Reaksi kimia photosintesis dan respirasi, di akses di https://brainly.co id/tugas/97166#. Di akses pada tanggal 05 jam 21:58 pada hari selasa.

Anonim, 2015. Tanah Grumusol: pengertian, karakteristik, jenis dan pemanfaatan diakses dihttps//imugeografi.com/m ilmu-bumi/Tanah/-Grumusol. Diakses pada tanggal 11 jam 14:50 pada hari seni

Fauzi, Yan. 2012. Kelapa sawit, budidaya pemanfaatan hasil dan limbah, analisis usaha dan pemasaarn, Jakarta: penebarswadaya.

F.J.Stevenson, 1982, Humus Chemistry. NewYork, United States of Amerika.

Geost, Flysh.2017. Mengenal jenis jenis tanah di Indonesia: latosol, regusol, dan andosol,di akses di http//www.geologinesia.com padatanggal 19, jam 21:58 pada hari selasa.

Hanafia, A. 2014. Dasar-dasar ilmu tanah.kota depok:PT Grafindo Persada, Depok.

Lubis, Andlin.1992. Kelapa sawit (Eleais guineensis jacq) di Indonesia. Pusat penelitian.perkebunan marihat. Sumatera Utara.

Patanga, Arief. 2016. Pembuatan, aplikasi, dan bisnis pupuk organik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pardamean, Marui. 2017. Kumpas tuntas agribisnis kelapa sawit, mengelola kebun dan pabrik kelapa sawit secara efektif dan efesien. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sastrosyono, Selardi. 2008. Budidaya kelapa sawit. Jakarta: PT Agromedia pustaka.

Susilo, Herlwati, 1991. Fisiologi tanaman budidaya, Jakarta: Universitas Indonesia.

Susetya, Darma. 2014. Panduaan lengkap membuat pupuk organik untuk tanaman pertanian dan perkebunan. Yogyakarta.

Yuliarti, Nurheti. 2009. 1001 cara menghasilkan pupuk organik. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-19

How to Cite

Pamungkas, C., Rahayu, E., & Putra, D. P. . (2020). PEMANFAATAN KOTORAN SAPI PADA JENIS TANAH YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY. AGROISTA : Jurnal Agroteknologi, 4(2), 30–34. https://doi.org/10.55180/agi.v4i2.186

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)