HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TEKNIK BUDIDAYA PETANI PLASMA DENGAN PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT DI DESA LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI

Authors

  • Azys Surya Setya
  • Herry Wirianata
  • Yohana Theresia Maria Astuti

DOI:

https://doi.org/10.55180/agi.v4i2.185

Keywords:

Pengetahuan Teknik Budidaya, Produktivitas Kelapa Sawit, Petani Plasma

Abstract

Penurunan produktivitas kelapa sawit dapat terjadi karena adanya kesalahan penerapan teknik budidaya yang dipicu kurangnya pengetahuan petani dalam teknis budidaya kelapa sawit. Pengetahuan bisa menjadi hal vital dalam mempengaruhi perilaku seseorang dalam menjaga mutu lingkungannya, termasuk petani sawit dalam menghadapi penurunan produktivitas. Karakteristik internal petani berkaitan dengan tingkat pengetahuan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan teknik budidaya pada petani plasma dengan produktivitas kelapa sawit di Desa Lubuk Kembang Sari, Kecamatan Ukui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan cross-sectional. Metode pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 86 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Uji korelasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan petani dengan produktivitas kelapa sawit adalah Spearman Rank Test. Hasil penelitian dengan uji Spearman Rank Test menunjukkan bahwa nilai p value 0,021 (p<0,005) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan teknik budidaya petani plasma dengan produktivitas kelapa sawit di Desa Lubuk Kembang Sari, Ukui. Kesimpulannya terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan teknik budidaya petani plasma dengan produktivitas kelapa sawit di Desa Lubuk Kembang Sari, Ukui.

Kata Kunci : Pengetahuan Teknik Budidaya, Produktivitas Kelapa Sawit, Petani Plasma

References

Allolerung, D., Syakir, M., Poeloengan, Z., Syafarudin, Rumini, W., (2010). Budidaya Kelapa Sawit. ASKA Media

Alwarritzi, W., Nanseki, T., & Chomei, Y. (2015). Analysis of the faktors influencing the technical efficiency among oil palm smallholder farmers in Indonesia. Procedia Environmental Sciences, 28 : 630-638.

Arlis. (2016). Hubungan Karakteristik Petani Dengan Produksi Padi Sawah Di Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. 3(2) : 9- 19 . Riau

Astuti, M., Hafiza, Yuningsih, E., Nasution, M., Mustikawati, D., Wasingun, R. (2014). Pedoman Budidaya Kelapa Sawit. Badan Pusat Statistik (BPS). [Indonesia]. Statistik Perkebunan Indonesia/ Kelapa Sawit 2013-2015. Jakarta.

BPS. (2014). Pelalawan dalam Angka. Riau. Darto, M. (2017). Karakteristik Dan Definisi Petani Kelapa Sawit Swadaya Di Indonesia.

Fitriyani, K., Cepriadi, C., & Arifudin, A. (2014). Persepsi Petani Plasma Terhadap Pentingnya Peran Penyuluhan Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar (Doctoral dissertation, Riau University).

Herdiana, H. (2016). Pengaruh Karakteristik Terhadap Pendapatan Petani Kelapa Sawit Di Desa Suka Majau Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian, 3(2).

Lesmana, D., Rita Ratina, Dan Jumriani. (2011). Hubungan Persepsi Dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Keputusan Petani Mengembangkan Pola Kemitraan Petani Plasma Mandiri Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Kelurahan Bantuas Kec. Palaran Kota Samarinda. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Pembangunan. 8(2): 8–17.

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

Setya, A. S. ., Wirianata, H., & Astuti, Y. T. M. (2020). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TEKNIK BUDIDAYA PETANI PLASMA DENGAN PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT DI DESA LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI. AGROISTA : Jurnal Agroteknologi, 4(2), 20–29. https://doi.org/10.55180/agi.v4i2.185

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>