ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TANAMAN CENGKEH DI BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN TRENGGALEK

Authors

  • Duta Mangku
  • Erick Firmansyah
  • Yohana Theresia Maria Astuti

DOI:

https://doi.org/10.55180/agi.v4i1.142

Keywords:

produktivitas tanaman cengkeh, faktor biotik dan abiotik

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor biotik, faktor abiotik dan faktor managemen yang mempengaruhi produktivitas tanaman cengkeh serta untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor biotik, faktor abiotik dan faktor managemen terhadap produktivitas tanaman cengkeh, telah dilaksanakan pada bulan Desember 2019 di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Munjungan, Kecamatan Panggul dan Kecamatan Pule. Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur.

Penelitian ini merupakan kegiatan survey berdasarkan judul yang akan di teliti. Pengamatan dilakukan untuk memperoleh data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan petani dengan menggunakan quisioner. Data sekunder adalah data yang sudah tercatat pada dinas terkait berupa data-data produksi dan data pendukung lain seperti, data curah hujan dan iklim 5 tahun terakir, data produksi cengkeh selama 5 tahun terakir, luas areal tanam cengkeh 5 tahun terakir, peta wilayah, monografi desa dan kecamatan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang di formulasikan sebagai berikut, Yi = β0 + β1X1 + β2X2 + E, Dimana: Y = Produktifitas Cengkeh, X1 = Luas Lahan (Ha), X2 = Curah hujan, E = error.

Hasil penelitian Produktivitas tanaman cengkeh dipengaruhi faktor biotik berupa hama penyakit tanaman, dan faktor abiotik berupa luas lahan. Factor biotik berupa hama penyakit tanaman secara langsung menyerang tanaman hingga tanaman mati, sedangkan faktor abiotik berupa luas lahan menyebutkan semakin luas lahan maka semakin rendah produktivitas tanamam cengkeh atau sebaliknya.

Kata kunci : produktivitas tanaman cengkeh, faktor biotik dan abiotik.

References

Nurdjannah, N. 2004. Diversifikasi Penggunaan Cengkeh, Perspektif, Vol. 3, hal : 61-70.

Downloads

Published

2020-04-04

How to Cite

Mangku, D. ., Firmansyah, E., & Astuti, Y. T. M. (2020). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TANAMAN CENGKEH DI BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN TRENGGALEK. AGROISTA : Jurnal Agroteknologi, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.55180/agi.v4i1.142

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>