PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP DODOL COKLAT DARI BIJI KAKAO
DOI:
https://doi.org/10.55180/pro.v1i1.262Keywords:
dodol, kakao, organoleptik, preferensi konsumenAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis preferensi konsumen terhadap Dodol Coklat dari biji kakao asal Bacan. Dalam pelaksanaan penelitian yang digunakan metode survei dengan jumlah responden penelitian sebanyak 80 orang yang dipilih dengan sengaja pada masyarakat Desa Labuha Kabupaten Halmahera Selatan dengan jumlah responden laki laki dan perempuan dari kelompok umur yang masuk dalam kategori umur, 10 sampai 20 tahun, 21-35 tahun dan 36-65 tahun. Analisis data yang digunakan metode deskriptif kualitatif dan multiatribut Fishbein. Parameter yang diamati adalah parameter fisik dari produk dododl yaitu oraganoleptik warna, aroma, rasa, tekstur dan overall. Berdasarkan hasil penelitian parameter organoleptik warna, aroma, rasa, tekstur dan overall terhadap tingkat kesukaan dodol coklat dari biji kakao berbeda secara signifikan. Dodol coklat yang menjadi preferensi konsumen di Labuha Bacan Kabupaten Halmahera Selatan adalah dodol berwarna coklat tua, dodol yang mempunyai aroma coklat, rasa dodol lebih kuat rasa coklat, bertekstur kenyal, berukuran sedang. Total nilai dari semua atribut yang peroleh adalah nilai 93,93 menandakan konsumen berada dalam kategori suka terhadap dodol coklat biji kakao. Atribut dodol coklat biji kakao yang menjadi perhatian oleh konsumen untuk membeli dodol coklat biji kakao di desa labuha mulai dari yang paling diperhatikan sampai dengan yang kurang diperhatikan yaitu rasa dodol, warna dodol,tekstur dodol, aroma dodol, dan ukuran dodol. Secara keseluruhan preferensi konsumen terhadap dodol coklat di Labuha Bacan Kabupaten Halmahera Selatan termasuk kategori suka.
Kata Kunci : dodol, kakao, organoleptik, preferensi konsumen